Thursday, August 2, 2012

Jenis-Jenis Paragraf

Kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai jenis-jenis atau macam-macam paragraf.

Informasi kali ini sebenarnya sudah pernah saya posting di blog tugas sekolah saya,dan saya akan posting kembali di blog fakta jujur ini.Langsung saja kita mulai.
jenis paragrafJenis-jenis paragraf antara lain :

1.Berdasarkan Tujuannya.
Berdasarkan tujuannya,jenis paragraf antara lain :  

a.Paragraf argumentasi adalah paragraf yang berisi ide/gagasan dengan diikuti alasan yang kuat untuk menyakinkan pembaca.

b.Paragraf deskripsi adalah paragraf yang melukiskan atau menggambarkan sesuatu dengan tujuan agar pembaca seakan-akan bisa melihat, mendengar, atau merasakan sendiri semua yang ditulis oleh penulis.  

c.Paragraf ekspositif atau paragraf eksposisi adalah paragraf yang bertujuan untuk menjelaskan dan menerangkan sesuatu permasalahan kepada pembaca agar pembaca mendapat gambaran yang sejelas-jelasnya tentang sesuatu permasalahan yang dimaksud pengarang atau bisa juga dikatakan sebagai paragraf yang bertujuan memaparkan sejumlah informasi atau pengetahuan dengan tujuan pembaca dapat mendapat tambahan informasi atau pengetahuan sejelas - jelasnya. 

d.Paragraf persuasif adalah paragraf yang bertujuan meyakinkan dan membujuk seseorang atau pembaca agar melaksanakan /menerima keinginan penulis.  

e.Paragraf naratif atau narasi adalah suatu bentuk paragraf yang menceritakan serangkaian peristiwa yang disusun menurut urutan waktu terjadinya perisitiwa sehingga pembaca seolah - olah mengalami sendiri kejadian itu.macam-macam paragraf

2.Berdasarkan Letak Kalimat Utama.
Macam paragraf berdasarkan letak kalimat utama antara lain: 
a.Paragraf deduktif yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf. 

b.Paragraf induktif yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. 

c.Paragraf campuran yaitu paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan di akhir paragraf.  

d.Paragraf yang tidak memiliki kalimat utama yaitu paragraf yang gagasan utamanya tersebar secara seimbang dan merata pada setiap kalimat. Contohnya pada karangan berbentuk naratif dan deskriptif. 


3. Berdasarkan Pola Pengembangannya.
Jenis paragraf berdasarkan pola pengembangannya,antara lain :


a.Pola umum-khusus 
Pola ini diawali dengan pernyataan yang sifatnya umum dengan ditandai kata banyak, umumnya kemudian dijelaskan dengan rincian - rincian.  
b.Pola khusus-umum 
Pola ini merupakan kebalikan dari pola umum-khusus yaitu diawali dengan rincian - rincian dan diakhiri pernyataan yang bersifat umum. 

c.Pola definisi luas 
Pola ini digunakan sebagai usaha penulis untuk memberkan keterangan atau arti terhadap sebuah kata atau suatu hal.
d.Pola proses Pola ini merupakan suatu urutan dari tindakan-tindakan atau perbuatan-perbuatan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu atau perurutan dari suatu kejadian atau peristiwa. 
e.Pola sebab-akibat Pola ini dilakukan dengan mencantumkan sebab-sebab suatu hal terjadi dan diikuti dengan akibat yang ditimbulkan oleh sebab-sebab tersebut. 
f.Pola ilustrasi Pola ini dilakukan ketka ditemukan sebuah gagasan yang masih terlalu umum sehingga dibutuhkan ilustrasi-ilustrasi yang bersifat konkret.
g.Pola pertentangan dan perbandingan Pola pertentangan digunakan ketka kita membahas suatu persoalan dengan cara mengontraskan dengan masalah lain, sedangkan pola perbandingan digunakan ketika membahas dua hal atau objek berdasarkan persamaan dan perbedaan-perbedaannya. 
h.Pola analisis Pola ini digunakan ketika menjelaskan suatu hal atau gagasan yang sifatnya umum ke dalam perincian-perincian yang logis dan analitis.
i.Pola klasifikasi Pola ini digunakan untuk mengelompokkan hal, peristiwa, atau benda yang dianggap memiliki kesamaan-kesamaan tertentu. 
j.Pola seleksi Pola ini dilakukan dengan cara memilih perbagian dengan didasarkan atas fungsi, kondisi, atau bentuknya. 
k.Pola titik pandang Pola ini dilakukan dengan cara melihat kedudukan pengarang dalam menceritakan atau melihat sesuatu. 

l.Pola dramatis 
Pola ini dilakukan dengan cara penceritaan tidak langsung atau melalui dialog-dialog.
m.Analogi 
Pola ini dilakukan dengan membandingkan dua benda yang banyak kesamaan sifatnya.
n.Generalisasi   
Pola ini dilakukan dengan cara menarik sebuah kesimpulan umum dari beberapa data yang dimiliki.
     
Itu dia jenis-jenis atau macam-macam paragraf yang saya dapat dari berbagai sumber yang terpercaya.semoga bermanfaat,nantikan informasi dan tips selanjutnya di fakta jujur.jenis-jenis paragraf









No comments:

Post a Comment