Lirik Lagu Kumpulan Puisi Cerita Lucu
Matematika Fisika Kimia Biologi Teknologi Sosiologi Ekonomi Sejarah Geografi Antropologi Seni Agama Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bahasa Bali Kewarganegaraan Penjaskes
Lowongan Kerja Bisnis Online Peluang Usaha Marketing
Tips Kecantikan Tips Kesehatan Makanan Sehat Jerawat
SMS Lucu SMS Motivasi SMS Cinta
Tips Cinta Tips Blog Tips SEO Tips Komputer Tips Internet Tips Kecantikan Tips Kesehatan Tips Lainnya
Kata Mutiara Cerita Motivasi Gosip Artis TipsTrik Resep Masakan Lain-lain
Thursday, August 2, 2012 | 7:24 AM | 6 Comments

Contoh Paragraf Eksposisi Bahasa Indonesia

Mungkin anda sedang mencari tugas bahasa Indonesia tentang paragraf eksposisi,atau hanya sekedar tahu tentang paragraf eksposisi itu seperti apa,dan bagaimana contohnya.

paragraf eksposisiApasih paragraf eksposisi ?



Paragraf Eksposisi adalah paragraf yang memaparkan sejumlah pengetahuan atau informasi .Tujuan paragraf eksposisi adalah untuk memberikan kketerangan ,penjelasan,atau informasi sejelas-jelasnya untuk menambah pengetahuan dan wawasan pembaca.Paragraf Eksposisi juga sering disebut sebagai sebuah paparan.contoh paragraf eksposisi





Adapun Ciri-Ciri Paragraf Eksposisi
1.bersifat nonfiksi/ilmiah,
2.bertujuan menjelaskan/memaparkan,
3. berdasarkan fakta,
4.tidak bermaksud mempengaruhi.




  
Macam/Pola Pengembangan Paragraf Eksposisi :

1.pola umum-khusus (deduksi)
Adalah paragraf yang dimulai dari hal –hal yang bersifat umum kemudian menjelaskan dengan kalimat –kalimat pendukung yang khusus.

2.pola khusus-umum (induksi)
Adalah paragraf yang dimulai dari hal-hal yang bersifat khusus kemudian menjelaskan dengan kalimat-kalimat yang bersifat umum.

3.pola perbandingan
Adalah paragraf yang membandingkan dengan hal yang lain, berdasarkan unsur kesamaan dan perbedaan, kerugian dengan keuntungan, kelebihan dengan kekurangan. Kata hubung (jika dibandingkan dengan, seperti halnya,demikian juga, sama dengan,selaras dengan,sesuai dengan).contoh paragraf eksposisi bahasa indonesia

4.pola pertentangan/kontras
Adalah paragraf yang mempertentangkan dengan gagasan lain. Kata hubung (biarpun, walaupun,berbeda,berbeda dengan, akan tetapi, sebaliknya, melainkan, namun, meskipun begitu).

5.pola analogi
Adalah paragraf yang menunjukkan kesamaan-kesamaan antara dua hal yang berlainan kelasnya tetapi tetap memperhatikan kesamaan segi /fungsi dari kedua hal tadi sebagai ilustrasi.

6.pola pengembangan proses
Adalah pola pengembangan paragraf yang ide pokok paragrafnya disusun berdasarkan urutan proses terjadinya sesuatu.

7.pola pengembangan klasifikasi
Adalah pola pengembangan paragraf dengan cara mengelompokkan barang-barang yang dianggap mempunyai kesamaan-kesamaan tertentu.

8.pola pengembangan contoh/ilustrasi
Adalah paragraf yang berfungsi untuk memperjelas suatu uraian, khususnya uraian yang bersifat abstrak. Kata penghubung (contohnya, umpamanya,misalnya).

9.pola pengembangan difinisi
Adalah paragraf yang berupa pengertian atau istilah yang terkandung dalam kalimat topik memerlukan penjelasan panjang lebar agar tepat maknanya dilengkapi oleh pembaca.

10.pola sebab akibat
Adalah pola pengembangan dimana sebab bisa bertindak sebagai gagasan utama, sedangkan akibat sebagai perincian pengembangannya. Atau sebaliknya, akibat sebagai gagasan utama, sedangkan untuk memahami sepenuhnya akibat itu perlu dikemukakan sejumlah sebab sebagai perinciannya.


Contoh Paragraf Eksposisi:

1. Ozone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen murni dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah.Ozone therapy merupakan terapi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit.(pola pengembangan definisi)


2.  Sampai hari ke-8, bantuan untuk para korban gempa Yogyakarta belum merata. Hal ini terlihat di beberapa wilayah Bantul dan Jetis. Misalnya, di Desa Piyungan. Sampai saat ini, warga Desa Piyungan hanya makan singkong. Mereka mengambilnya dari beberapa kebun warga. Jika ada warga yang makan nasi, itu adalah sisa-sisa beras yang mereka kumpulkan dibalik reruntuhan bangunan. Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa bantuan pemerintah kurang merata. (pola pengembangan contoh)paragraf eksposisi contoh


3.  Pemerintah akan memberikan bantuan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapatkan bantuan sekitar 10 juta.warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapatkan sekitar 30 juta . Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawalan dari pihak LSM (pola pengembangan klasifikasi)


4.  Struktur suatu karangan atau buku pada hakikatnya mirip atau sama dengan suatu pohon. Bila pohon dapat diuraikan menjadi batang, dahan, ranting, dan daun, maka karangan atau buku dapat diuraikan menjadi tubuh karangan, bab, sub – bab, dan paragraf. Tubuh karangan sebanding dengan batang, bab sebanding dengan dahan, sub-bab sebanding dengan ranting, dan paragraf sebanding dengan daun.(pola pengembangan analogi)


5.Seorang bayi dilahirkan dalam keadaan suci seperti kertas putih. Bayi akan dibentuk pribadinya sesuai dengan didikan yang diterimanya seperti kertas dapat diisi dengan berbagai hal sesuai dengan keinginan pemiliknya. Bila bayi dididik dengan baik seperti kertas yang terisi dengan hal-hal yang bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya.Jadi, membentuk kepribadian baik seorang anak ibarat menulisi kertas putih dengan hal-hal yang bermanfaat (analogi)


6.  Lagu-lagu tersebut kurang memperhatikan nilai yang ingin ditanamkan paa diri anak dan lebih memperhatikan kebutuhan pasar. Jadi, temanya bersifat temporer karena mengikuti perubahan selera pasar. Unsur kesamaan yang masih ditemukan dalam kedua kelompok lagu ini ialah para pencipta lagu masih berusaha menciptakan irama yang gembira dan ritme yang sederhana, seperti dalam kehidupan anak-anak itu sendiri. (pola pengembangan perbandingan)


Langkah-langkah Membuat Paragraf Eksposisi :

  1. Kita harus menentukan tema.
  2. menentukan Tujuan
  3. Mengumpulkan Data
  4. Menulis dan Menyusun Kerangka.
  5. Mengembangkan Kerangka.
Contoh lain paragraf eksposisi
Cara meminum obat.Berikut adalah cara meminum obat yang baik dan sesuai dengan takaran.pertama hal yang perlu diperhatikan adalh resep dari dokter yang telah berikan.kemudian Minumlah obat sesuia takaran atau resep yang telah diberikan.

Contoh paparan proses yang juga merupakan bentuk eksposisi: 
Pada dasarnya pekerjaan akuntan mencakup dua bidang pokok, yaitu akuntansi dan auditing. Dalam bidang akuntasi, pekerjan akuntan berupa pengolahan data untuk menghasilkan informasi keuangan, juga perencanaan sistem informasi akuntansi yang digunakan untuk menghasilkan informasi keuangan. Dalam bidang auditing pekerjaan akuntan berupa pemeriksaan laporan keuangan secara objektif untuk menilai kewajaran informasi yang tercantum dalam laporan tersebut.(contoh yang satu ini saya ambil dari  wikipesdia indonesia ).

Itu dia sekilas tentang paragraf eksposisi atau paragrar ekspositif beserta contoh paragraf eksposisi yang saya dapatkan dari berbagai sumber.

Semoga bermanfaat,dan nantikan informasi berikutnya.


6 comments:

Hafas Haikal said...

terima kasih infonya visit ya http://hekals.blospot.com

Anonymous said...

good writer

Anonymous said...

terima kasih kang

Try Out Online said...

terimakasih gan atas infonya
monggo ikut kompetisi cerdas cermat online se-jawa timus seri 2 , hadiahnya cukup menarik lho :)

Bisnis Online Pemula Join Dapet 200 rb said...

Thanks ya infonya :)

Berbagi Info said...

Makasih infonya, sangat membantu saya dalam menyusun sebuah artikel atau postingan yang menarik dan profesional. Ditunggu kunjungan baliknya!

Post a Comment

 
Copyright Fakta Jujur © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.