Lirik Lagu Kumpulan Puisi Cerita Lucu
Matematika Fisika Kimia Biologi Teknologi Sosiologi Ekonomi Sejarah Geografi Antropologi Seni Agama Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bahasa Bali Kewarganegaraan Penjaskes
Lowongan Kerja Bisnis Online Peluang Usaha Marketing
Tips Kecantikan Tips Kesehatan Makanan Sehat Jerawat
SMS Lucu SMS Motivasi SMS Cinta
Tips Cinta Tips Blog Tips SEO Tips Komputer Tips Internet Tips Kecantikan Tips Kesehatan Tips Lainnya
Kata Mutiara Cerita Motivasi Gosip Artis TipsTrik Resep Masakan Lain-lain
Thursday, August 2, 2012 | 7:57 AM | 2 Comments

Menulis Contoh Paragraf Persuasif

contoh paragraf persuasif
Mungkin anda sering menyaksikan tayangan iklan di tv ataupun media massa lainnya.Mungkin juga anda sering di rayu oleh para sales dengan kata-katanya yang membuat kita tertarik membelinya,dan bahkan saat kampanye dengan berbagai rayuan para kandidat.paragraf persuasif

Tahukah anda?bahwa kalimat-kalimat yang dolontarkannya itu adalah berupa kalimat persuasif atau persuasi.Dan sekarang akan saya ulas sediki mengenai paragraf persuasif.


Paragraf persuasif adalah paragraf yang bertujuan untuk meyakinkan dan membujuk seseorang atau pembaca agar melaksanakan /menerima keinginan penulis.


Adapun Ciri-ciri Paragraf Persuasif :

1.ada fakta/bukti untuk mempengaruhi/membujuk pembaca,

2.bertujuan mendorong, mempengaruhi dan membujuk pembaca,

3.menggunakan bahasa secara menarik untuk memberikan sugesti (kesan) kepada pembaca,

4.biasanya menggunakan pendekatan emotif, yaitu pendekatan yang berusaha membangkitkan dan merangsang emosi pembaca dan  pendekatan rasional, yakni dengan menyampaikan fakta-fakta untuk meyakinkan pembaca atau pendengar,

 5.bentuk persuasif yang dikenal umum: propaganda yang dilakukan berbagai badan, lembaga, atau perorangan; iklan dalam surat kabar untuk mempromosikan barang dagangan, kampanye untuk menarik pemilih sebanyak-banyaknya, dan selebaran-selebaran atau pamflet.

Langkah-langkah Menulis Paragraf Persuasi :

1.Menentukan Topik
Topik merupakan pokok pembicaraan atau topik permasalahan. Sebelum menulis sebaiknya Anda menentukan topik. Hal itu dimaksudkan agar tulisan Anda terarah/terfokus dan dapat mempersiapkan bahan atau data yang diperlukan. Misalnya, topik yang Anda pilih adalah “Menghindari pengaruh buruk narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya”. Penentuan topik tersebut dapat memudahkan Anda untuk merumuskan tujuan dan mengumpulkan bahan/data yang sesuai dengan topik.

2.Merumuskan Tujuan
Dalam paragraf persuasif, tujuan penulis dapat dikemukakan secara langsung. Misalnya, topik yang dibuat oleh penulis adalah “Menghidari pengaruh buruk narkoba”. Tujuan penulisan yang dapat dirumuskan adalah meyakinkan pembaca bahwa narkoba merupakan pembunuh berdarah dingin yang secara perlahan membawa pecandunya ke liang lahat.

3.Mengumpulkan Bahan
Bahan dapat diperoleh melalui kegiatan pengamatan, wawancara, dan penyebaran angket kepada responden. Pada saat mengumpulkan bahan, Anda dapat membuat catatan, baik kutipan langsung maupun tidak langsung, yang nantinya dapat dijadikan sebagai barang bukti.




Contoh-contoh Paragraf Persuasif :

1.  Beras organik lebih menguntungkan daripada beras nonorganik . Mutu beras organik lebih sehat , awet, dan lebih enak. Selain itu, beras organik tidak mencemari lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia.Keuntungan yang didapat para petani beras organik juga lebih tinggi. Petani beras organik mendapatkan keuntungan 34 % dari biaya prduksi, sedangkan petani beras nonorganik hanya mendapat keuntungan 16 % dari biaya produksi. Oleh karena itu, mari kita bertani dengan cara organik agar lebih mnguntungkan dan dapat meningkatkan taraf hidup.contoh paragraf persuasi

2.  Tidak dapat disangkal bahwa praktik berpidato menjadi semacam “obat kuat’ untuk membangun rasa percaya diri. Jika rasa percaya diri itu sudah besar, kita dapat tampil tenang tanpa digoda rasa malu, takut, dan grogi. Ketenangan inilah yang menjadi modal utama untuk meraih keberhasilan pidato. Oleh karena itu, marilah kita melaksanakn praktik berpidato agar kita segera memperoleh keterampilan atau bahkan kemahiran berpidato.

3.Peneliti mengungkapkan bahwa sebab-sebab seseorang dapat terjerumus ke dalam dunia narkoba: 45% broken home, 20% frustasi, 17% ingin disebut modern, dan sisanya karena sebab lain (Sukartono, 1987:45).  

Itu dia paragraf persuasi beserta contoh paragraf persuasi atau persuasif yang sering kita temukan sehari-hari.

Semoga bermanfaat,nantikan informasi berikutnya .paragraf persuasi

 

2 comments:

Try Out Online said...

terimakasih gan atas infonya
monggo ikut kompetisi cerdas cermat online se-jawa timus seri 2 , hadiahnya cukup menarik lho :)

saung fajar said...

yhanks sob !

Post a Comment

 
Copyright Fakta Jujur © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.