Lirik Lagu Kumpulan Puisi Cerita Lucu
Matematika Fisika Kimia Biologi Teknologi Sosiologi Ekonomi Sejarah Geografi Antropologi Seni Agama Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bahasa Bali Kewarganegaraan Penjaskes
Lowongan Kerja Bisnis Online Peluang Usaha Marketing
Tips Kecantikan Tips Kesehatan Makanan Sehat Jerawat
SMS Lucu SMS Motivasi SMS Cinta
Tips Cinta Tips Blog Tips SEO Tips Komputer Tips Internet Tips Kecantikan Tips Kesehatan Tips Lainnya
Kata Mutiara Cerita Motivasi Gosip Artis TipsTrik Resep Masakan Lain-lain
Monday, August 27, 2012 | 6:11 AM | 6 Comments

Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional (UN)

tips menghadapi ujian nasional

Ujian Nasional  sudah dekat,mungkin dalam mengahadapin ujian nasional terkadang siswa takut dan terbebani oleh masalah ini.Padahal bukan ini tujuan ujian nasional,bukan untuk membebani siswa,ujian ini hanyalah sebagai bentuk keinginan pemerintah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan akademik siswa.

Seiring dengan masalah yang timbul karena ujian nasional ini,sebenarnya sudah saatnya kita ketahui tips-tips apa yang harus digunakan dalam menghadapi ujian nasional.

Trus apa aja sih tips-tips menghadapi ujian nasional ?

Baiklah,hari ini saya ada sedikit tips cara sukses menghadapi ujian nasional,yang sebenarnya sudah banyak di share di tempat-tempat lainnya.Berikut adalah tips dan persiapan yang perlu dilakukan :

Beberapa bulan sebelum Ujian:
1.Persiapkan diri anda secara fisik dan mental.  Jaga kesehatan dan motivasi diri Anda untuk sukses dalam Ujian.

2.Atur dan tingkatkan metode belajar Anda.  Jadwalkan waktu belajar Anda dan cari metode belajar yang cocok untuk Anda.  Anda dapat belajar bersama teman atau kelompok belajar atau ikut les atau kursus untuk meningkatkan kemampuan Anda.

3.Cari tahu format Ujian Nasional dan Carilah copian ujian nasional yang lalu.  Anda boleh gunakan Internet untuk memilih dari begitu banyak contoh-contoh soal UN.

4.Latihlah diri Anda menjawab soal-soal ujian dan uji kemampuan Anda dengan mencocokkan dengan jawaban yang benar.

5.Pelajari setiap latihan soal yang diberikan dari bimbingan belajar. Karena selaen sekolah yang punya kisi-kisi Ujian Nasional itu adalah hampir semua bimbingan belajar. Pasti mereka pengen setiap yang ikut bimbingan belajarnya sukses UN dan membuat reputasi bimbingan belajar itu jadi baik.

6.Buatlah catatan kecil. Maksudnya bukan catatan untuk contekan, namun buat diingat dimana aja. Catatan bisa berupa secarik kertas atau apapun. Terpenting bisa dibawa kemana-mana.


Beberapa Hari sebelum Ujian:
1.Persiapkan segala sesuatu yang Anda butuhkan dalam proses ujian termasuk alat-alat tulis, kartu ujian, pakaian seragam dan sebagainya.

2.Cari tahu pasti kapan dan di mana ujian Anda dilaksanakan.

3.Istirahat yang cukup setiap malam, agar Anda bisa Fit pada hari ujian.

4.Berdoalah setiap saat,agar semua persiapan sesuai yang diinginkan.


Pada Saat Ujian:
1.Datanglah lebih awal ke tempat ujian, agar Anda tidak tergesa-gesa dan punya waktu cukup untuk memulai ujian.

2.Tenganlah dan jangan tegang. Hadapi dengan santai tapi serius. Hilangkan pikiran mendapatkan nilai asal lulus, tanamkan bahwa nilai UN itu harus bisa dapat yang tertinggi.Berdoalah agar diberikan ketenangan saat menghadapi ujian.

3.Bacalah terlebih dahulu instruksi atau perintah ujian dan tanyakan kepada pengawas jika ada yang kurang jelas.

4.Dahulukan mengisi soal-soal yang lebih mudah, agar Anda dapat menggunakan waktu ujian yang diberikan dengan efisien.

5.Isilah Lembar jawaban dengan hati-hati, agar menghindari kesalahan pengisian yang dapat membuang waktu Anda.

6.Jika masih ada waktu setelah Anda selesai mengisi soal, periksalah kembali jawaban Anda untuk mengoreksi jika masih ada yang salah.


Setelah Ujian:
1.Tutup apa yang telah anda lakukan dengan doa.Serahkan semua hasilnya kepada Tuhan Yang Maha Esa,karena anda sudah berusaha semampu anda.

2.Sementara waktu menunggu hasil pengumuman,carilah rekreasi yang dapat menghilangkan kepenatan anda selama belajar.Jika ingin mencari perguruan tinggi,carilah informasi tentang perguruan tinggi tersebut,tetapi diselingi dengan hiburan.

3.Jika Anda berhasil lulus Ujian, Selamat!

4.Jika tidak sesuai apa yang Anda harapkan, Ingat bahwa ini bukanlah akhir dari hidup Anda.  Jika ada kesempatan mengulang, tingkatkan usaha dan kemampuan Anda!

Itu dia di atas beberapa tips sukses ujian nasional (UN) yang saya dapatkan dari beberapa sumber dan berdasarkan pengalaman.Semoga dapat membantu anda yang akan menghadapi Ujian Nasional (UN),yang terpenting adalah usaha dan doa,saya yakin anda bisa sukses ujian nasional.

6 comments:

goresansipopok said...

terimakasih atas artikelnya yang sangat bermanfaat.

st maryam said...

makasih tipsnya.

ONE STEP SHUFFLE said...

thankz, sangat brmanfaat.

chat with said...

Thanks Banget Gan, Bisa jadi patokan motivasi gue

chat with said...

Thanks Gan, Bermanfaat sekali, bisa jadi motivasi gue

chat with said...

Thanks Gan, Bermanfaat sekali, bisa jadi motivasi gue

Post a Comment

 
Copyright Fakta Jujur © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.