Monday, August 6, 2012

Tips Alami Menghilangkan Ketombe

Ketombe,memang sih tidak berbahaya,tetapi sangat mengganggu penampilan dan dapat merusak kesehatan rambut kita.Misalnya pada saat kencan atau sedang berada dalam acara tertentu yang spesial,tetapi tiba-tiba ketombe kita jatuh ,wah sangat memalukan kan ?apalagi samapai kita garuk-garuk kepala gara-gara gatal.

cara menghilangkan ketombeMungkin hal ini perlu diperhatikan dan dihilangkan dari kepala kita.Menghilangkan ketombe dengan cara alami adalah solusi yang tepat dan lebih murah ,hasilnyapun sangat memuaskan asalkan dilakukan secara konsisten.menghilangkan ketombe

Sebelum saya berikan tips menghilangkan ketombe secara alami,saya informasikan dulu sekilas mengenai ketombe.

Ketomber merupakan pengelupasan sel kulit mati dari kulit kepala secara berlebihan.Walaupun pengelupasan sel kulit mati adalah hal yang biasa dan normal,tetapi terkadang sebagian orang mengalaminya secara berlebihan.Bila disertai kemerahan dan iritasi,maka ketombe dapat merupakan gejala dermatitis seboroit atau psoriasis.tips menghilangkan ketombe

Ketombe sering menyerang orang yang memiliki kulit berminyak dan dan kebanyakan terjadi pada pria usia 30-40 tahun.Apalagi yang tinggal di daerah beriklim tropis,dengan suhu tingg dan udara yang lembab,akan sangat mudah menyerang orang-orang di sana,misalnya di Indonesia.

Faktor lain ,seperti :penggunaan semprotan dan minya rambut,cuaca dingin,jarang mencuci rambut,sampo yang tidak sesuai,bilasan sampo yang kurang bersih,diet,stress,dan gangguan hormon,juga dapat menyebabkan kepala jadi lebih mudah berketombe.cara menghilangkan ketombe secara alami

Untuk mengatasinya ,berikut saya memiliki sedikit tips yang saya dapatkan dari berbagai sumber untuk menghilangkan ketombe secara alami :

1.Buah nanas yang masih muda diparut lalu disaring.Air nanas ini didiamkan selama 2 jam.Setelah itu dapat dipergunakan untuk keramas.

2.Kulit jengkol secukupnya bersihkan lalu ditumbuk halus,dicampur dengan air sedikit,diremas-remas.Air jengkol tersebut oleskan pada kulit kepala dibiarkan selama setengah jam sambil dipijit-pijit.Setelah itu keramaslah sampai bersih dengan sampo.

3.Jerami padi(merang)dibakar,setelah merata pembakarannya diberi air.Diamkan selama sehari semalam,paginya untuk keramas.

4.Santan kelapa setengah cangkir ,air nanas dan air jeruk nipis secangkir dicampur jadi satu untuk keramas.Setelah itu cucilah dengan air bersih biasa

5.Dengan mencampur 2 sdm minyak zaitun dengan 1 sdm minyak almond. Lalu dioleskan pada kulit kepala scara rata sambil dipijet-pijet. Diamkan selama 15 mnit, kemudian kramas supaya minyak dirambut bisa hilang & bersih.

6. Campur cuka dengan air dengan jumlah yang sama, gunakan secukupnya sesuaikan dgn panjang rambut anda. Gunakan ramuan ini dan biarkan satu malam. kemudian esok harinya, bilas atau cuci rambut dengan shampo bayi yang memiliki formula ringan.

7. Kupas daun lidah buaya sampai sisa bagian dalamnya yaitu bagian dagingnya yg berwarna transparan. Setelah itu di oleskan ke kepala sampai merata. Biarkan hingga 10 mnit lalu bilas atau bersihkan menggunakan shampo, boleh juga shampo phantene kalau cocok.

8.Buatlah jus apel secukupnya. Dengan jus apel alami/Sari apel dipercaya dapat menghilangkan ketombe sampai akar-akarnya dan tak akan kembali.

9. Usak dua sendok makan air jeruk nipis di kulit kepala Anda. Pijat rambut dan kulit kepala sobat. Lalu ambil satu gelas air plus tambahkan satu sendok makan jus lemon ke dalamnya, kemudian usap lagi ke rambut Anda. Cucilah dengan air setelah beberapa menit. Bisa diulangi beberapa kali untuk hasil maksimal atau sampai ketombe sobat benar2 ilang.


Itu dia cara menghilangkan ketombe secara alami,yang saya dapatkan dari berbagai sumber terpercaya.Salah satu sumbernya adalah buku”Pengobatan Tradisional ,karya R.M.Edhi Sutardjo” . Semoga bermanfaat.Nantikan tips berikutnya dari faktajujurhilangkan ketomber

No comments:

Post a Comment