Tuesday, May 1, 2012

Pelukan Untuk Orang Yang Anda Sayang


Mulai sekarang rajinlah ‘menyentuh’ anak,suami,istri dan orang tua.Ini mengingat memeluk ,memegang tangan,atau mengusap kepala,terbukti membuat hidup seseorang lebih bahagia.

pelukanSentuhan dari orang yang tersayang akan meningkatkan jumlah hemoglobin di dalam darah.Hemoglobin merupakan salah satu bagian dari tubuh yang membawa oksigen ke seluruh tubuh,termasuk jantung dan otak.Suplain hemoglobin yang meningkat ini dipercaya secara ilmiah akan memepercepat proses penyembuhan setelah sakit.

Memeluk seseorang yang disayangi sebanyak empat kali per hari sanggup menjauhkan dari depresi.Malah secara ilmiah ,delapan pelukan sehari  akan memberikan kestabilan mental yang lebih kokoh,dan 12 pelukan sehari akan membantu perkembangan psikilogis seseorang.

Penelitian lain menyebutkan manfaat pelukan,diantaranya mengurangi stress,membantu pola tidur yang sehat,memberi semangat,dan meningkatkan seistem kekebalan tubuh.Sebuah pernelitian yang dilakukan University of California juga membuktikan betapa dahsyatnya sentuhan dari suami,istri,bahkan pacar.

Sebanyak 25 perempuan yang menjadi objek penelitian diberi semacam panas yang membuat mereka merasa kesakitan.Lalu mereka dipersilahkan memegang bola kecil,tangan pria asing dan tentunya tangan pasangan.Ajaibnya ,ketika mereka saling berpegangan dengan tanan pasangan,rasa sakit yang dirasakan jauh berkurang dibandingkan ketika mereka memegang bola kecil atau tangan pria asing.

Penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of epidemiology and Community Health mengungkapkan fakta bayi yang sedari lahir selalu diberi sentuhan-pelukan,ciuman,belaian-pertanda jasih sayang oleh orang tuanya tumbuh menjadi pribadi yang tak mudah stres.

Sumber : Nusa Bali edisi Minggu,29 April 2012 

No comments:

Post a Comment